Rabu, 21 Januari 2015

Ms Power Point

Cara Membuat Slide Presentasi Lebih Menarik 


Dalam posting kali ini saya ingin mengajak Anda untuk melihat langkah-langkah cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik. Harapannya setelah membaca artikel ini Anda dapat membuat desain slide presentasi yang menarik dan komunikatif untuk keperluan presentasi Anda.


Jika Anda sudah mendownload 10 slide presentasi menarik yang kami sediakan gratis untuk Anda, maka Anda akan melihat bahwa slide tersebut berbeda dengan slide kebanyakan yang cenderung membosankan.
Sebenarnya untuk bisa membuat slide seperti itu tidaklah sulit, asal Anda tahu langkah-langkah membuat slide presentasi yang baik dan benar Andapun dapat melakukannya.
Karena alasan itulah pada kesempatan ini saya akan tunjukkan langkah-langkah tersebut untuk Anda.
Apa saja langkah-langkah cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik tersebut, silakan Anda simak ulasannya berikut ini.
Ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan.
1. Menyiapkan Konten
Inilah langkah pertama yang perlu Anda siapkan. Konten adalah elemen utama yang harus Anda siapkan sebaik mungkin sebelum Anda membuat slide, bahkan sebelum Anda berpikir tentang desain yang akan Anda buat.
Untuk menyiapkan konten, Anda harus memulainya dengan pena dan kertas bukan dengan membuka komputer atau membuka powerpoint.
Untuk menyiapkan konten atau materi presentasi, Anda bisa menggunakan brainstorming, mind map dan logical structure. Cara-cara ini dilakukan untuk mendapatkan ide-ide yang akan Anda kembangkan menjadi materi presentasi.
Setelah ide terkumpul, silakan seleksi mana ide-ide yang akan Anda gunakan dan mana yang tidak. Setelah itu rapikan ide-ide Anda. Setelah Anda memiliki ide-ide yang sudah terstruktur dengan baik, kemudian silakan kembangkan ide-ide tersebut menjadi materi presentasi yang utuh.
2. Membuat Storyboard
Setelah konten Anda siap, inilah langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan, membuatstoryboard.
Storyboard adalah alat serbaguna untuk mulai memvisualisasikan konten presentasi Anda.Storyboard adalah sebuah sketsa atau gambar yang ditampilkan secara berurutan. Tujuannya adalah untuk melihat gambaran cerita visual yang Anda buat secara keseluruhan. Storyboard untuk desain slide umunya terdiri dari dua elemen yaitu konten dan sketsa gambar.
Berikut adalah beberapa contohnya:

3. Mendesain dengan powerpoint
Setelah storyboard selesai Anda buat, selanjutnya silakan desain slide berdasarkan srotyboard yang sudah Anda rancang dengan menerapkan prinsip-prinsip desain desain yang baik.
Berikut adalah beberapa contoh hasil desain slide dari sktesa atau storyboard

Demikianlah langkah-langkah cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan  menarik. Terapkan cara ini untuk membuat slide presentasi Anda. Percayalah dengan menerapkan langkah-langkah in,i ke depannya Anda akan mampu membuat slide presentasi yang tampil beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar